Wisata Gantung Belitung Destinasi Istimewa untuk Dikunjungi

Pesona wisata gantung Belitung. Tentunya Anda pernah menonton film Laskar Pelangi bukan? Film yang mengisahkan Ikal dan kawan-kawannya itu mengambil latar di Pulau Belitung. Pantas saja saat ini Pulau Belitung terkenal sebagai Pulau Laskar Pelangi. Di Kabupaten Belitung Timur, terdapat Kecamatan yang bernama Kecamatan Gantung. Sama seperti Pulau Belitung, kecamatan Gantung pun mulai dikenal masyarakat luas sejak kemunculan film Laskar Pelangi beberapa tahun lalu.
Bendungan Pice
Baca Juga Cara Pesan Tiket Kereta Api Lebaran

Pada film Laskar Pelangi menceritakan keunikan sekolah yang berada di Kecamatan Gantung pada saat itu, khususnya pada saat timah masih berjaya di Pulau Belitung. Apa yang menarik dari Kecamatan Gantung? Kawasan ini sekarang cukup menarik dengan faktor wisata gantung Belitung. Perkembangan wisata di Kecamatan Gantung mengalami peningkatan yang pesat karena terdapat banyak kawasan istimewa yang bisa dikunjungi baik oleh wisatawan lokal, nasional, dan internasional.

Keistimewaan Tempat Wisata Gantung Belitung

Jika Anda pergi ke Belitung, masukkan Kecamatan Gantung sebagai destinasi utama Anda. Kunjungi replika Sekolah Dasar Muhammadiyah Laskar Pelangi yang persis seperti pada film. Suasana replika sekolah beserta lingkungan sekitarnya sama seperti suasana yang ada di film, sehingga mengingatkan kita pada film Andrea Hirata tersebut. Ya, itulah point pertama gantung Belitung.

Selain sebagai wisata Belitung laskar pelangi, di Kecamatan Gantung masyarakatnya cukup majemuk, baik dari segi etnis maupun profesi, sehingga menjadikan kawasan ini menjadi istimewa. Adapun etnis yang tinggal disana adalah etnis Melayu, Bugis, dan China yang mendiami kawasan Gantung Belitung Timur. Profesi mereka pun beragam, mulai dari petani, nelayan, penambang timah, pedagang, sampai pegawai kantoran.

Terdapat objek peninggalan Belanda sebagai wisata gantung Belitung. Objek wisata ini adalah Bendungan Pice yang merupakan warisan Kolonial di Desa Lenggang. Sebenarnya nama Pice sendiri berasal dari nama arsiteknya yang bernama Sir Vance. Adapula versi lain sejarah kata Pice berasal dari sebutan orang China yang menyebutkan “nam Phice” yang berarti Pintu Air.

Wisata Bendungan Pice

Bendungan ini sangat indah dan menambah daftar Wisata Gantung Belitung. Lebih indah lagi jika Anda mengunjunginya sendiri, tidak hanya mendengar dari cerita-cerita atau di tulisan ini. Adapun letak obyek wisata ini tidak jauh dari sekolah dasar replika Laskar Pelangi. Saat ini sudah banyak wisatawan yang berkunjung, bahkan wisatawan yang jauh dari luar kita sengaja datang untuk melihat Bendungan Pice serta replika SD Muhammadiyah.

Bendungan Pice sebagai salah satu daftar wisata Pulau Belitung ini melintasi sungai Lenggang sejauh 79 meter. Pada zaman dulu, bendungan ini digunakan untuk mengatur jumlah air bagi tambang timah pemerintah kolonial Belanda. Anda tidak akan rugi berkunjung ke warisan kolonial ini kapan saja. Dibangun pada tahun 1934-1936 oleh Sir Vance, Wisata Gantung Belitung biasa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar di sore hari untuk memancing atau menjala. Tidak sedikit pula yang hanya menikmati panorama sore yang indah. Menariknya lagi, terdapat ikan yang bernama ikan cempedik yang hanya ada di sungai ini dan hanya ada pada musim hujan. Nah,

Komentar

Postingan Populer